Beliau adalah Al-Allamah al-Muhaddits al-Faqih az-Zahid al-Wara’ asy-Syaikh ‘Abdul Muhsin bin Hamad bin ‘Utsman al-‘Abbad Alu Badr –semoga Allah memelihara beliau dan memperpanjang usia beliau dalam ketaatan kepada-Nya dan memberkahi amal dan lisan beliau-, dan kami tidak mensucikan seorangpun di hadapan Allah Azza wa Jalla. Alu Badr merupakan keturunan Alu Jalas dari Kabilah ‘Utrah salah satu kabilah al-‘Adnaniyah. Kakek tingkatan kedua beliau adalah ‘Abdullah yang memiliki laqob (gelar) ‘Abbad, yang kemudian akhirnya keturunan beliau dikenal dengan intisab kepada laqob ini, diantaranya adalah Syaikh ‘Abdul Muhsin sendiri. Ibu beliau adalah putri dari Sulaiman bin ‘Abdullah Alu Badr.
Kelahiran Beliau
Beliau lahir setelah sholat Isya’ pada malam Selasa tanggal 3 Ramadhan tahun 1353H di ‘Zulfa’ (300 km dari utara Riyadh). Beliau tumbuh dan dewasa di desa ini dan belajar baca tulis di sekolah yang diasuh oleh masyaikh Zulfa.
Perjalanan Menuntut Ilmu
Ketika dibangun Madrasah Ibtida’iyah pertama kali di Zulfa pada tahun 1368, Syaikh masuk ke madrasah ini pada tahun ketiga dan memperoleh ijazah Ibtida’iyah pada tahun 1371 H. Kemudian Syaikh pindah ke Riyadh dan masuk ke Ma’had al-‘Ilmi Riyadh, salah satu tempat belajar Imam Ibnu Bazz rahimahullahu sebelumnya. Setelah lulus, syaikh melanjutkan studinya di Kuliah Syari’ah di Riyadh. Menjelang tahun akhir studi beliau di Kuliah, beliau mengajar di Ma’had Buraidah al-‘Ilmi, ketika akan ujian akhir kuliah, beliau kembali ke Riyadh dan menyelesaikan ujian beliau.
Sungguh Alloh benar-benar memuliakan beliau, walaupun beliau sibuk mengajar namun beliau tetap bisa menjadi ranking satu di antara rekan-rekan beliau yang bejumlah hampir 60 lulusan. Beliau senantiasa dalam peringkat satu mulai dari awal belajar beliau hingga beliau lulus dan mendapatkan ijazah dari Ma’had ‘Ilmi dan Kuliah Syari’ah di Riyadh.
Syaikh sangat antusias di dalam menimba ilmu baik di Universitas maupun di masjid-masjid, beliau banyak belajar dari para ulama besar semisal Imam Muhammad bin Ibrahim Alu Syaikh, Imam ‘Abdul Aziz bin Baz, al-‘Allamah Muhammad al-Amin asy-Syinqithi, al-‘Allamah ‘Abdurrahman al-‘Afriqi, al-‘Allamah ‘Abdurrazaq ‘Afifi, al-‘Allamah Hammad al-Anshari dan lainnya rahimahumullahu ajma’in.
Syaikh menceritakan bahwa beliau pernah belajar kepada Syaikh ‘Abdurrahman al-‘Afriqi di Riyadh pada tahun 1372 tentang ilmu hadits dan mushtholah-nya. Beliau hafizhahullahu berkata tentang Syaikh al-‘Afriqi :
كان مدرساً ناصحاً وعالماً كبيراً ، وموجّهاً ومرشداً وقدوة في الخـير رحمه الله تعالى
“Beliau adalah seorang pengajar, penasehat dan ‘alim besar. Beliau adalah seorang pengarah, pembina dan tuntunan di dalam kebaikan. Semoga Alloh Ta’ala merahmati beliau.”
Ketika pertama kali didirikan Universitas Islam Madinah, dan mata kuliah yang pertama kali ada adalah kuliah syari’ah, Samahatus Syaikh Muhammad bin Ibrahim memilih beliau untuk menjadi dosen dan mengajar di sana. Syaikh mulai mengajar pertama kali pada hari Ahad tanggal 3/6/1381 H, dan beliau adalah orang pertama kali yang memberikan pelajaran pada hari itu. Semenjak tanggal itu, syaikh senantiasa mengajar di Universitas Islam Madinah, bahkan hingga saat ini beliau tetap masih mengajar padahal beliau telah pensiun, dengan izin khusus kerajaan.
Pada tahun 1393 H., Syaikh diangkat sebagai wakil rektor Universitas Islam Madinah dan rektor Universitas Islam pada saat itu adalah Samahatus Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullahu. Syaikh senantiasa menggantikan Imam Ibnu Baz apabila beliau berhalangan, sehingga seringkali Universitas Islam Madinah saat itu disebut orang-orang sebagai Universitas Bin Baz dan ‘Abdul Muhsin. Setelah Imam Ibnu Baz menjadi kepala Lembaga Buhutsul ‘Ilmiyyah wal Ifta’ (Pembahasan Ilmiah dan Fatwa), maka Syaikh ‘Abdul Muhsin yang menggantikan kedudukan beliau di Universitas Madinah sebagai rektor. Walaupun telah menjadi rektor dengan segala kesibukannya, Syaikh tidak pernah absen mengajar dua kali seminggu di Fakultas Syari’ah.
Ketika Syaikh ‘Abdul Muhsin menjadi rektor di Universitas Islam Madinah, perpustakaan Universitas benar-benar kaya dengan warisan salaf berupa makhthuthat (manuskrip-manuskrip) yang mencapai 5.000 manuskrip. Al-‘Allamah Hammad al-Anshori sampai-sampai berkata :
تراث السلف الذي صُوِّر للجامعة الإسلامية أغلبه في عهد الشيخ عبد المحسن العبَّاد عندما كان رئيساً للجامعة الإسلامية
“Warisan salaf yang dikopi untuk Universitas Islam sangat banyak dilakukan pada zaman Syaikh ‘Abdul Muhsin al-‘Abbad ketika beliau menjadi rektor Universitas Islam.” Dan mayoritas manuskrip tersebut adalah dalam bidang ilmu hadits dan aqidah salafiyah.
Dan yang lebih mengagumkan lagi, Syaikh walaupun menjadi seorang rektor Universitas, beliau lebih sering melakukan tugasnya sendiri dan lebih sering menghabiskan waktunya di Universitas, mulai pagi hingga sore. Sampai-sampai Al-‘Allamah Hammad al-Anshori mengatakan, bahwa seharusnya ditulis sejarah khusus tentang perikehidupan al-‘Allamah ‘Abdul Muhsin al-‘Abbad. Di tengah-tengah kekagumannya, al-‘Allamah al-Anshori menuturkan :
ومرة جئته بعد العصر بمكتبه وهو رئيس الجامعة فجلست معه ثم قلت : يا شيخ أين القهوة ؟ ، فقال : الآن العصر ولا يوجد من يعملها ، ومرة عزمت أن أسبقه في الحضور إلى الجامعة فركبت سيارة وذهبت ، فلما وصلت إلى الجامعة فإذا الشيخ عبد المحسن يفتح باب الجامعة قبل كل أحد
“Suatu ketika aku tiba di kantor beliau, dan beliau ketika itu adalah rektor Universitas. Kemudian aku duduk bersama beliau dan aku berkata kepada beliau, ‘ya syaikh, mana kopinya?’, lantas beliau menjawab : ‘sekarang ini waktu ashar (sore), tidak ada orang yang kerja sekarang ini.’ Suatu hari pula, aku bertekad untuk mendahului kehadiran beliau di Universitas, lantas aku naik mobil dan bergegas berangkat –pagi-pagi-. Ketika aku sampai di Universitas, ternyata Syaikh ‘Abdul Muhsin (sudah tiba duluan dan) membuka pintu gerbang Universitas sebelum semua orang datang.”
Saya berkata, Subhanallohu, sungguh sangat langka orang seperti beliau ini, walaupun beliau memiliki kedudukan dan gelar yang tinggi, namun beliau tidak silau sama sekali dengan kedudukannya. Beliau menganggap diri beliau sama seperti lainnya, bahkan beliau menganggap kedudukan beliau tersebut adalah amanah. Semoga Alloh menganugerahi llmu dan kebaikan bagi syaikh kami, al-‘Allamah ‘Abdul Muhsin al-‘Abbad al-Badr.
Diantara Guru beliau :
- Asy-Syaikh ‘Abdullah bin Ahmad al-Mani’ rahimahullahu.
- Asy-Syaikh Zaid bin Muhammad al-Munifi rahimahullahu.
- Asy-Syaikh Falih bin Muhammad ar-Rumi rahimahullahu.
- Al-Allamah asy-Syaikh Muhammad bin Ibrahim rahimahullahu.
- Al-Allamah Abdullah bin Abdurrahman al-Ghaits rahimahullahu.-
- Al-Allamah asy-Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Bazz rahimahullahu.
- Al-Allamah asy-Syaikh Muhammad Amin asy-Syinqithy rahimahullahu.
- Al-Allamah asy-Syaikh Abdurrahman al-Afriqy rahimahullahu.
- Al-Allamah asy-Syaikh Abdur Razaq Afifi rahimahullahu.
- Al-Allamah asy-Syaikh Umar Falatah rahimahullahu.
- Dan masih banyak lagi.
Diantara Murid beliau :
Beliau memiliki banyak sekali murid yang menimba ilmu darinya, beristifadah (memetik faidah) dan meminum air telaga ilmu yang segar lagi murni. Berikut ini adalah diantara murid-murid beliau yang terkenal :
- Asy-Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali hafizhahullahu.
- Asy-Syaikh ‘Ubaid bin ‘Abdillah al-Jabiri hafizhahullahu.
- Asy-Syaikh ‘Ashim bin ‘Abdillah Alu Ma’mar al-Qoryuthi hafizhahullahu. (Beliau juga diantara murid Imam al-Albani rahimahullahu yang ternama).
- Asy-Syaikh Ibrahim bin ‘Amir ar-Ruhaili hafizhahullahu.
- Asy-Syaikh Sulaiman bin Salimullah ar-Ruhaili hafizhahullahu.
- Asy-Syaikh ‘Abdurrozaq bin ‘Abdul Muhsin al-‘Badr hafizhahullahu. (Putera beliau sendiri).
- Asy-Syaikh ‘Abdul Malik Ramadhani al-Jaza`iri hafizhahullahu.
- Asy-Syaikh Tarhib ad-Dausari hafizhahullahu.
- Dan masih banyak lagi.
Karya Ilmiah dan Ceramah Beliau :
Syaikh memiliki kurang lebih 40 karya ilmiah, sebagaimana yang beliau diktekan kepada murid beliau, Syaikh ‘Abdullah bin Muhammad al-‘Umaisan hafizhahullahu di dalam buku Ithaaful ‘Ibaad bi Fawa`id Durusi as-Syaikh ‘Abdul Muhsin bin Hamad al-‘Abbad, sebagai berikut :
- Al-Qur’an al-Karim :
- Aayaatu Mutasyaabihaatu al-Alfaazh fil Qur’anil Karim wa Kaifa Tamyizu Bainahuma.
- Al-Hadits :
- Isyruuna Hadiitsan min Shahihil Bukhari Dirosatan Asaniidihaa wa Syarhan Mutuniha.
- Isyruuna Hadiitsan min Shahihil Muslim Dirosatan Asaniidihaa wa Syarhan Mutuniha.
- Dirosah Hadits “Nadhdharallahu Imra`an Sami’a Maqoolatiy…” Riwayatan wa Dirayatan
- Fathul Qowiyyil Matin fi Syarhil Arba’iina wa Tatimmah al-Khomsiina lin Nawawi wa Ibni Rajab rahimahumallahu
- Syarhu Hadits Jibril fi Ta’limid Dien
- Kayfa Nastafiidu minal Kutubi al-Haditsiyyah as-Sittah
- Ijtina`I ats-Tsamar fi Mushtholah Ahlil Atsar (ini buku pertama Syaikh yang beliau tulis di Ma’had Buraidah tahun 1379)
- Al-Fawa`id al-Muntaqooh min Fathil Baari wa Kutubi Ukhroo
- Al-‘Aqidah :
- Qothful Jana ad-Daanii Syarh Muqoddimah Ibnu Abi Zaid al-Qirwani
- Al-Hatstsu ’ala ittiba`is Sunnah wat Tahdzir minal Bida’ wa Bayaanu Khathariha
- Aqidah Ahlis Sunnah wal Jama’ah fish Shahabatil Kiram radhiyallahu ‘anhum wa ardhahum
- Min Aqwalil Munshifin fish Shohabi al-Khalifah Mu’waiyah radhiyallahu ‘anhu
- Tahqiq wa Ta’liq ‘ala Kitabai Tathhir al-I’tiqood ‘an Adraanil Ilhaad lish Shin’ani wa Syarh Shudur fit Tahrimi Raf’il Qubur lisy Syaukani
- Fadha`il, Akhlaq, Adab, Nasha`ih dan Tarajim :
- Min Akhlaqi Rasulil Karim Shallallahu ‘alaihi wa Salam
- Fadhlus Sholati ‘alan Nabiyi Shallallahu ‘alaihi wa Salam wa Bayanu Ma’naha wa Kaifaiyatiha wa Syai’un mimma Ullifa fiiha
- Fadhlu Ahli Bait wa ‘Uluwwi Makaanatihim ‘inda Ahlis Sunnah wal Jama’ah
- Fadhlul Madinah wa Aadabu Sukkaniha wa Ziarotiha
- Rifqon Ahlas Sunnah bi Ahlis Sunnah
- Atsaru al-‘Ibadaat fi Hayatil Muslim
- Tsalatsu Kalimaat fil Ikhlaashi wal Ihsaani wal Iltizaami bis Syari’ah
- Al-‘Ibrah fisy Syahri Shoum
- Min Fadha’ilil Hajj wa Fawa`idihi
- Bi ayyi Aqlin wa Diinin Yakunu at-Tafjiir wat Tadmiir Jihaadan!!!
- Budzlun Nushhi wat Tadzkiir Libaqooya al-Maftuniin bit Takfir wat Tafjir
- Kaifa yu`addi al-Muwazhzhaf al-Amaanah
- ‘Alimun Jahbidz wa Malikun Fadz
- Asy-Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullahu Namudzaj minar Ra’ilil Awwal
- Asy-Syaikh Muhammad bin Utsaimin rahimahullahu minal Ulama`ir Robbaniyyin
- Asy-Syaikh ‘Umar bin Muhammad Fallatah rahimahullahu wa Kaifa Araftuhu
- Rudud :
- Aghuluwwun fi Ba’dhil Quroobah wa Jafa`un fil Anbiyaa` wash Shohabah
- Al-Intishar lish Shahabah al-Akhyar fi Raddi Abaathil Hasan al-Maliki
- Al-Intishar li Ahlis Sunnah wal Hadits fi Raddi Abathil Hasan al-Maliki
- Ad-Difa’ ‘anis Shahabah Abi Bakrah wa Marwiyatihi wal Istidlaal liman’i Wilayatin Nisaa` ‘alar Rijaali
- Ar-Roddu ‘alar Rifaa’i wal Buthi fi Kidzbihima ‘ala Ahlis Sunnah wa Da’watihima ilal Bida’i adh-Dhall
- At-Tahdzir min Ta’zhimil Aatsar ghoyr al-Masyru’ah
- Ar-Roddu ‘ala man kadzaba bil Ahaditsis Shahihah al-Waridah fil Mahdi
- Aqidah Ahlis Sunnah wal Atsar fil Mahdi al-Muntazhar
- Fiqh :
- Ahammiyatul ‘Inaayah bit Tafsir wal Hadits wal Fiqh
- Syarh Syuruthis Shalah wa Arkaniha wa Waajibatiha lisyaikhil Islam Muhammad bin ‘Abdil Wahhab
- Manhaj Syaikhil Islam Muhammad bin ‘Abdil Wahhab fit Ta’lif
Diantara kajian rutin beliau yang terekam adalah sebagai berikut :
- Syarh Shohihil Bukhari (142 kaset)1, selebihnya belum direkam.
- Syarh Kitabil Imarah min Shahihil Muslim (8 kaset), sebenarnya Syaikh memiliki pelajaran Syarh Shahih Muslim, namun sayangnya tidak terekam.
- Syarh Sunan an-Nasa`i (414 kaset).
- Syarh Sunan Abi Dawud (373 kaset)2.
- Syarh Sunan at-Turmudzi, ceramah beliau ini masih berlangsung.
- Syarh Alfiyyah Suyuthi fil Hadits (57 kaset)
- Syarh Adabul Masyi ilas Sholah li Syaikhil Islam Muhammad bin ‘Abdil Wahhab (14 kaset)
- Syarh al-‘Arba’ina wa Tatimmal Khomsiina lin Nawawi wa Ibni Rojab rahimahumallohu (23 kaset).
- Fadhlul Madinah wa Adabu Sukanihaa wa Ziyarotiha (4 kaset)
- Kitabush Shiyami min Al-Lu’lu’ wal Marjan (7 kaset).
- Syarh Aqidah ibnu Abi Zaid al-Qirwani (9 kaset).3
- Tathhirul I’tiqood lish Shon’ani (7 kaset).
- Syarhus Shudur lisy Syaukani (4 kaset).
Beliau juga memiliki ceramah-ceramah ilmiah lainnya, diantaranya adalah :
- Mu’awiyah bin Abi Sufyan radhiyallahu ‘anhu baina Ahlil Inshaf wa Ahlil Ijhaaf.
- Al-Iman bil Ghoib.
- Arba’ Washoya lisy Syabab.
- Atsaru ‘Ilmil Hadits.
- Taqyiidun Ni’am bisy Syukri.
- Mahabbatur Rasul Shallallahu ‘alaihi wa Salam (2 kaset).
- Tawqiirul ‘Ulama`wal Istifaadah min Kutubihim.
- Atsarul ‘Ibadah fi Hayatil Muslimin.
- Asy-Syaikh Ibnu Utsaimin wa Syai`un min Siiratihi wa Da’watihi.
- Asy-Syaikh ‘Umar bin ‘Abdurrahman Fallatah Kaifa Aroftuhu
- Khatharul Bida’
- Dll.
Kaset-kaset rekaman beliau ini direkam oleh Tasjilat Ibnu Rajab di Madinah, Al-Asholah di Jeddah, Sabilul Mu’minin di Dammam dan Minhajus Sunnah di Riyadh.
Putera-putera beliau :
Diantara putera-putera beliau adalah :
- Syaikh DR. ‘Abdurrazaq bin ‘Abdil Muhsin hafizhahullahu.
- Muhammad bin ‘Abdil Muhsin hafizhahullahu.
- ‘Abdullah bin ‘Abdil Muhsin hafizhahullahu.
- ‘Umar bin ‘Abdil Muhsin hafizhahullahu.
- ‘Utsman bin ‘Abdil Muhsin hafizhahullahu.
- ‘Ali bin ‘Abdil Muhsin hafizhahullahu.
- ‘Abdurrahman bin ‘Abdil Muhsin hafizhahullahu.
Pujian Ulama terhadap beliau :
Diantara keutamaan dan kemuliaan para ulama, adalah adanya pujian dan sanjungan dari ulama lain. Di antara pujian para ulama Ahlis Sunnah terhadap beliau adalah :
- Al-Imam ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz rahimahullahu :
Beiau rahimahullahu berkata memuji ceramah dan risalah Syaikh ‘Abdul Muhsin yang berjudul “Aqidah Ahlis Sunnah wal Atsar fil Mahdi al-Muntazhar” :
فإنا نشكر محاضرنا الأستاذ الفاضل الشيخ عبد المحسن بن حمد العبَّاد على هذه المحاضرة القيمة الواسعة…
“Kami ucapkan terima kasih kepada Ustadz yang mulia, asy-Syaikh ‘Abdul Muhsin bin Hamad al-‘Abbad atas ceramah beliau yang lurus dan sarat (manfaat)…”4
- Asy-Syaikh Al-‘Allamah Al-Muhaddits Hammad al-Anshori rahimahullahu :
Beliau rahimahullahu berkata :
إن الشيخ عبد المحسن العبَّاد ما رأت عيني مثله في الورع
“Sesungguhnya Syaikh ‘Abdul Muhsin al-‘Abbad, tidaklah tampak pada kedua mataku ada orang yang semisal beliau di dalam kewara’an.”5
Beliau rahimahullahu juga berkata :
إن الشيخ عبد المحسن العبَّاد ينبغي أن يَكتُبَ عنه التاريخ ، كان يعمل أعمالاً في الجامعة تمنيت لو أني كتبتها أو سجلتها
“Sesungguhnya Syaikh ‘Abdul Muhsin al-‘Abbad layak ditulis sejarahnya, beliau dahulu bekerja di Universitas (Islam Madinah) yang aku berangan-angan untuk menuliskan atau merekam sejerah beliau.”6
- Al-‘Allamah Shalih bin Fauzan al-Fauzan rahimahullahu :
Al-‘Allamah al-Fauzan berkata memuji para ulama sunnah di dalam kaset ceramah beliau yang berjudul al-As`ilah as-Suwaidiyah pada tanggal 5 Rabi’ul Akhir 1417 H :
كذلك من العلماء البارزين الذين لهم قدم في الدعوة ، فضيلة الشيخ عبد المحسن العبَّاد ، فضيلة الشيخ ربيع هادي ، كذلك فضيلة الشيخ صالح السحيمي ، كذلك فضيلة الشيخ محمد أمان الجامي ، إن هؤلاء لهم جهود في الدعوة والإخلاص ، والرد على من يريدون الانحراف بالدعوة عن مسارها الصحيح ، سواء عن قصد أو عن غير قصد
“Demikian pula dengan para ulama yang mulia, yang mana mereka terdepan di dalam dakwah, yaitu Fadhilatus Syaikh ‘Abdul Muhsin al-‘Abbad, Fadhilatus Syaikh Rabi’ Hadi, demikian pula dengan Syaikh Shalih as-Suhaimi dan juga Fadhilatus Syaikh Muhammad Aman al-Jami. Sesungguhnya mereka memiliki andil besar di dalam dakwah dan ikhlas, membantah orang-orang yang menghendaki penyelewengan dakwah dari arahnya yang benar, sama saja baik dengan sengaja maupun tidak sengaja…”
- Muhaddits Negeri Yaman, Al-‘Allamah Muqbil bin Hadi al-Wadi’i rahimahullahu Ta’ala :
Beliau pernah ditanya dengan pertanyaan siapakah ulama Arab Saudi yang layak diambil ilmunya” Maka Syaikh rahimahullahu menjawab :
أما الذين أنصح بالأخذ عنهم والذين أعرفهم فهو الشيخ : عبد العزيز بن باز –حفظه الله– ، والشيخ محمد بن صالح بن عثيمين –حفظه الله– ، والشيخ ربيع بن هادي –حفظه الله– ، والشيخ عبد المحسن العبَّاد –حفظه الله– ، والشيخ صالح الفوزان –حفظه الله– …
“Adapun ulama yang aku nasehatkan untuk diambil ilmunya dan aku kenal adalah : Asy-Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz hafizhahullahu, Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin hafizhahullahu, Asy-Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali hafizhahullahu, Asy-Syaikh ‘Abdul Muhsin al-‘Abbad hafizhahullahu, Asy-Syaikh Shalih Fauzan hafizhahullahu …”7
Dan masih banyak lagi deraian untaian pujian dan sanjungan kepada beliau, yang apabila dikumpulkan semuanya, niscaya akan menjadi panjang dan menjadi buku tersendiri.
Akhlaq Beliau
Beliau sangat berakhlak mulia dan memiliki banyak sifat-sifat terpuji, yang selayaknya bagi para penuntut ilmu untuk meneladaninya. Diantara akhlak beliau yang sangat menonjol adalah :
1- Tawadhu’.
Dari wajah beliau yang bersinar, terpancar sifat tawadhu’ yang amat menakjubkan. Didalam majelis ta’lim beliau sering meminta kepada murid-murid beliau untuk membantu beliau dalam mencari sebuah hadits atau ucapan ulama tentang hadits tersebut dan lain sebagainya. Beliau juga tidak segan-segan untuk mengatakan “wallahu a’lam” atau “saya tidak tahu” jika ditanya tentang suatu hal.
2- Berhati lembut.
Diantara yang menunjukkan kelembutan hati beliau adalah isak tangis beliau ketika memberikan komentar terhadap muhadhoroh Syaikh Abdul Aziz As-Sadhan tentang sejarah hidup Syaikh Bin Baz Rahimahullah diaula kampus Universitas Islam Madinah.
3- Amanah
Diceritakan oleh beberapa Syaikh yang pernah belajar kepada beliau bahwa suatu ketika beliau keluar dengan menaiki mobil dinas (Universitas) untuk suatu kepentingan pribadi yang tidak berkaitan dengan urusan Universitas. Maka ketika ingat, beliau segera kembali ke rumah, lalu mengendarai mobil pribadi beliau. Allahu akbar, Alangkah indahnya akhlak ulama !!
1 Menurut DR. ‘Abdullah al-Farisi al-Hindi adalah sejumlah 623 kaset dan belum semuanya terekam.
2 Menurut DR. ‘Abdullah al-Farisi al-Hindi adalah sejumlah 272 kaset.
3 Menurut DR. ‘Abdullah al-Farisi al-Hindi sejumlah 14 kaset.
4 Majmu’ Fatawa wa Maqoolaat Mutanawwi’ah (IV/98).
5 Al-Majmu’ fi Tarjamati al-‘Allamah al-Muhaddits asy-Syaikhk Hammad bin Muhammad al-Anshari (II/621).
6 Al-Majmu’, op.cit., (II/610).
7 Dari Kaset “Ma’a ‘Abdirrahman ‘Abdil Khaliq”, rekaman tertanggal 12 Syawal 1416, dinukil dari Tuhfatul Mujib karya Imam Muqbil al-Wadi’i.
sumber:
http://abusalma.wordpress.com
http://groups.yahoo.com/group/assunnah/
Leave a Reply